hak paten super junior :D

13 08 2009

Leeteuk pernah mengatakan di cyworld-nya bahwa nama “ Superjunior” sangatlah berharga. Hanya saja Laeeteuk mungkin tidak pernah menyangka bahwa nama grup mereka “Superjunior” akan dihargai begitu tinggi oleh Korea Industrial Property Rights Information Service (KIPRIS). Yup…, terhitung tanggal 4 Agustus kemarin, nama Superjunior sudah “dijual” oleh SM dan mutlak di-hak paten- kan oleh KIPRIS. Statusnya nama 슈퍼주니어 masih ber-status Application, masih dalam proses belum disetujui. Total aplikasi yang dimasukin buat nama Superjunior ada 11 !!! bisa dilihat disini …. Entah berapa kisaran nominal harga lelang yang akan diberlakukan bila hendak membeli nama “superjunior” ???

Kisruh mengenai hak cipta ini sedikit sensitive dan banyak menimbulkan perdebatan di berbagai kalangan. Sebenarnya sah – sah saja bila SM meng-hak-patenkan nama tersebut. Sebagai pencipta, mereka memiliki hak mutlak melindungi karya mereka dan masalah hak paten-mematen seperti ini bukan lagi hal baru di ranah industry hiburan. Yah, tindakan SM ini sedikit banyak sudah bisa diprediksi banyak pihak mengingat nama Super-mi yang cuma sekedar mie instan saja sudah dilindungi UU hak cipta, apalagi Super-Junior yang udah Go-International ^^ Yang melegakan, setidaknya dalam beberapa tahun kedepan setelah nanti mereka pensiun, nama “Superjunior” gak bakal dipakai buat merk yang aneh – aneh. Rasanya gak bisa ngebayangin saat kita punya anak, pas belanja ke supermarket nemu popok bayi merek-nya Superjunior TT__TT  LOL…

Dan masalah sensitive soal copyright ini pasti bermuara ke kitab UUD ~ Ujung – Ujungnya Duit ! Setelah diketahui bahwa alasan dibalik DBSK menggugat SM adalah “ketidakpercayaan”. Mereka tidak percaya sepenuhnya terhadap pembagian profit di kedua belah pihak dimana 40% ( DBSK) – 60%(SM) ( KOR ) & 70% (DBSK) – 30% (SM) ( JPN ). Dan entah apa mereka bisa menerima system kontrak 13 tahun yang telah dirinci SM sebagai jangka waktu Go asia : 3-4 tahun ( KOR ), 3-4 tahun ( JPN ) dan 3-4 tahun ( CHN ). Bila memang kenyataan sistemnya seperti itu, maka boleh dibilang setelah menaklukan Jepang, DBSK kembali dipersiapkan untuk “menghajar” pasar musik China yang jalannya sudah dibukakan oleh SJ-M.

Bila share-profit seperti itu masih menimbulkan masalah UUD, bagaimana dengan SJ ?

Sejak para fans diberi tahu kenyataan bahwa share profit mereka harus dibagi 13, penjualan merchandise SM lumayan sedikit meningkat. Keprihatinan para fans, membuat mereka rela merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli item original guna memberi bantuan subsidi “keuangan”.

Disaat isu tentang pembagian profit bagai gulali yang sedang manis dibicarakan, cerita dibawah ini bagaikan secangkir teh celup panas, yang mampu memberikan sekejap rasa hangat.

MC Park Myungsoo, yang membawakan acara MBC Every1 “Now it’s time of handsome guys” dibuat cukup “tercengang” saat Donghae menceritakan bagaimana ikatan “kontrak” diantara mereka bila sudah bicara uang.

“ Super Junior punya 13 member, member yang punya aktifitas lebih banyak tentunya mendapatkan lebih daripada yang tidak bukan ? Apa kalian punya kendala soal itu ? lalu apa yang kalian lakukan ?”

Donghae~ si jembatan komunikasi~ mengungkapkan , “ Masalah uang memang agak sensitive, tapi kami akan membagi uang yang kami dapat kepada member yang mendapat jatah jauh lebih kecil, sehingga ia dapat mencukupi kebutuhannya sehari – hari “

Jawaban Donghae membuat junior mereka, Shinee termasuk Park Myungsoo tertegun untuk beberapa saat dan hanya berucap “ Woaaa..itu sungguh contoh yang baik…” sambil turut kagum akan tali persahabatan mereka yang begitu kuat.

Para netizen yang melihat juga merespon positif tentang hal ini, bagi mereka SJ bisa jadi contoh gambaran yang bagus tentang apa yang dinamakan Teamate itu. “ disaat semua orang masih meributkan soal uang, aku merasa lega setelah mendengar ini ..”

Bahkan mereka melihat, meski masing – masing member memiliki masa kontrak yang berbeda, namun diantara mereka seolah ada sebuah “kontrak” tak tertulis. Pastinya dalam kontrak yang dibuat SM tidak mungkin ada pasal yang mengharuskan mereka membagi profit satu sama lain. Tapi sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban dan tanggung jawab untuk saling ber- “gotong royong”. Tentunya gak setiap kali mereka dapet uang langsung di-split, tau dong ada beberapa member yang tergolong agak “pelit” soal urusan duit ! hehehehehe…..tapi mereka pernah mengatakan bahwa bila melihat ada salah seorang dari mereka sedang dalam kondisi “emergency” maka mereka semua akan langsung “patungan” tanpa diminta. ( andai saja saudara gw kayak mereka ..TT__TT )

*****

Tapi, gw jadi pensaran, sebenernya berapa banyak sih yang mereka dapet sekali manggung ? Meski mereka bilang pendapatan mereka gak sebanyak yang dikira orang, tapi selama ini mereka gak pernah bilang kalau mereka “kekurangan” .  Kalo band RATU-nya Maia aja dulu sekali manggung 30 jeti, kalo SJ pasti 3-4 kali lipatnya dung ??? $$__$$..dulu ngeboyong f4 ke Jakarta aja pake cek 10 M. Trus kalo jadi fotomodel majalah dibayar berapa tuh ? setau gw si Andhara jadi model majalah playboy –indo aja dibayar +/- 8 jeti. Andaikata SJ dipotret buat majalah ELLE dengan giro 130 JT, so bila di-split 13, masing2 masih kebagian 10 JT dung !!!!! $$__$$…( ampir setara dengan setaon gaji gw boo !!! )

credit : starjunior


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: